Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

Media Pembelajaran dan Pengenalan Ikan Asli Indonesia

Silurichthys hasseltii - Hasselti Catfish (Bleeker, 1858)



Silurichthys hasseltii - Hasselti Catfish (Bleeker, 1858)



Klasifikasi :

Kelas   : Siluriformes ( Kelas Ikan berkumis)
Famili  : Siluridae
Genus  : Silurichthys

Deskripsi :
Spesies catfish ini memiliki warna dasar  abu abu (cenderung gelap) dengan garis berwarna putih di bagian lateralnya. terdapat bercak hitam yang tersebar di bagian lateral tubuh.  Sirip dorsal ventral dan anal berwarna abu-abu kehitaman  Seperti pada umumnya bangsa catfish, spesies ini memiliki  tekstur tubuh yang sangat licin dan kenyal dengan banyak sungut yang memanjang. Pupil mata berwarna hitam dengan iris berwarna putih. Sirip anal dan caudal hanya dipisahkan sedikit celah dan menyambung menjadi satu. Pada bagian operculum yang mendekati kepala terdapat bayangan berwarna pink terang, yang juga terdapat di belakang sirip pectoral namun tidak seterang pada operculum. Spesies ini sangat pemalu dan cenderung bersembunyi. Namun pada kondisi arus deras, ikan ini akan cenderung aktif dan memunculkan diri berenang melawan arus dan memilih ke tepi atau tempat yang sedikit terlindung. Hal ini dikarenakan di habitat asalnya ketika muncul arus maka air sudah sangat pasang dan kecepatan air di dekat substrat cenderung tinggi.

Sirip anal bergabung dengan sirip caudal yang berbentuk sabit melebar. Awal sirip punggung bersebrangan dengan awal sirip perut, warna tubuh seperti marmer (Kottelat, 1993)

Ciri Identifikasi:
  • Tubuh pipih memanjang
  • Tipe keeled
  • Tipe mulut terminal
  • Tipe ekor Lunated


Rumus Sirip :

D I.3

Jenis Kelamin :

Sulit dibedakan kecuali menggunakan pembedahan

Habitat:

Spesies  yang satu ini merupakan spesies ikan air hitam yang memiliki habitat sungai atau parit air hitam dengan substrat pasir dan substrat lumpur, Biasanya spesies ini lebih menyukai bagian dasaran dan bersembunyi.

Distribusi :

 Kalimantan Barat, Jawa dan Malaya

Makanan :

Spesies ini cenderung predator yang memangsa hewan akuatik yang berukuran kecil dan juga pemakan bangkai atau sisa makanan ikan lain.

Tingkah Laku: 

Ikan ini lebih menyukai bagian dasaran dan berkamuflase di dasaran yang gelap dan menanti mangsa lewat. Lebih menyukai bergerak di dasaran dengan liukan seperti ular. Pada arus deras ikan ini memiliki intensitas muncul yang lebih tinggi.

Faktor Lingkungan : 



Ketahanan Hidup :

unknown


Reference :

  • Kottelat, 1993,  Freshwater Fish of Western Indonesia and Sulawesi
  • Fishbase.org
  • Planetcatfish.com
  • Based on Personal Research of Author
Foto Lainnya




 Article sponsored by :

 Menjual ikan Native Indonesia
Menjual Ikan Asli Indonesia, jangan ragu di like dan tanya-tanya
jangan lupa di like ya 😊


ENGLISH VERSION BELOW








Silurichthys hasseltii - Hasselti Catfish (Bleeker, 1858)






Classification :


Class: Siluriformes (class Catfish)

Family: Siluridae

Genus: Silurichthys



Description:

This catfish species have a basic gray base color (tend Dark) with white lines in the mid-lateral section. There are black spots who spread at  lateral Body Parts. Ventral and anal dorsal fin is gray-black as general on Family catfish, the species has a texture  Very Slippery and chewy with some elongated barbels.  Black eye pupil with white iris. Anal fin and tail Only separated Few space and fusion become one. At operculum there is light-pinkish colour, then behind pectoral fins but not as bright in operculum. This species timid Very and tends to hiding. But at fast flow conditions, This fish will tend to raise more Active And Swim Against the Flow and try going to river bank or place more protected. It is because in his native habitat when flow comes then the habitat Already Very tide And velocity of water in substrate tends too High.

Anal fin and caudal tail fusion.Caudal forms as lunated. Early Dorsal fin across-over with early ventral fin, body color such as marble (Kottelat, 1993)


Identification Key:

Elongated flat body
Body Typed Keeled
Type Mouth  Terminal 
Type tail Lunated

Fin Formula:

D 1.3

Sex :

unpredictable from morphology


Habitat :

This species is the black water fish species have habitat black water rivers or ditches with sand substrate and substrate of mud, this species usually prefers parts and hiding heavy foundation.

Distribution:
  
West Kalimantan , Java and Malaya

Food :

These species tend to be predators who prey on small aquatic animals and scavengers or other fish food scraps.

Behaviour :

These fish prefer part benthic and benthic dark camouflaged and waiting for passing prey. Prefers moving in the colonies with the twisted like a snake. In the torrent of this fish has emerged a higher intensity.

Enviromental Factor:


Life Span :

Unknown

Reference 

  • Kottelat, 1993,  Freshwater Fish of Western Indonesia and Sulawesi
  • Fishbase.org
  • Planetcatfish.com
  • Based on Personal Research of Author
Another Picture






 Article sponsored by :

 Menjual ikan Native Indonesia

Selling Fish Native Indonesia. dont forget to like and Folloy the Page.
Regards



Dont forget Follow Us 😊
Share on Google Plus

About Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net