Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

Media Pembelajaran dan Pengenalan Ikan Asli Indonesia

Gymnothorax tile (The Indian mud moray), (HAMILTON, 1822)



Gymnothorax tile  (The Indian mud moray), (HAMILTON, 1822)




Klasifikasi :

Kelas   : Anguiliformes ( Kelas Belut dan Moray)
Famili  : Muraenidae
Genus  : Gymnothorax

Deskripsi :

Spesies moray ini memiliki warna dasar  abu abu (cenderung ungu) dengan warna putih di bagian perutnya. terdapat bercak putih dalam jumlah sedikit yang tersebar di bagian lateral tubuh.  Sirip dorsal ventral dan anal berwarna abu-abu tua dan berstektur licin dan kenyal. Seperti pada umumnya bangsa belut dan moray, spesies ini memiliki tubuh bulat memanjang dengan tekstur tubuh yang sangat licin dan kenyal. Pupil mata berwarna hitam dengan iris berwarna putih. Sirip anal dan caudal menyambung menjadi satu. Pada bagian leher yang mendekati kepala terdapat pattern berupa garis melintang horizontal yang dimulai dari sirip pectoral hingga menuju ke kepala. Spesies ini cukup agresif dengan sifat menyerang untuk semua musuh yang mengancam. Spesies ini tidak memiliki sungut, tidak terdapat 

Sisik sangat kecil, awal sirip punggung terletak jauh dari celah insang. anal terletak di pertengahan badan. memiliki gigi yang berbentuk butiran atau seperti gigi geraham. Celah mulut kira kira  3,8 - 4,2 kali lebih pendek dari panjang kepala , panjang kepala kurang dari atau 3 kali lebih pendek dari panjang badan, cokelat ampai hitam dengan bintik - bintik bulat yang tidak teratur ukurannya pada badan bagian depan yang kemudian akan menghilang dengan pertambahan umur (Kottelat, 1993)

Ciri Identifikasi:
  • Tubuh bulat memanjang
  • Tipe tubuh rounded
  • Tipe mulut terminal
  • Tipe ekor pointed


Rumus Sirip :

none


Jenis Kelamin :

Sulit dibedakan kecuali menggunakan pembedahan

Habitat:

Spesies  yang satu ini merupakan spesies ikan air payau yang memiliki habitat di muara sungai dan cenderung lebih ke air tawar, substrat lumpur, Biasanya spesies ini lebih menyukai bagian dasaran.

Distribusi :

 Sumatera , Borneo dan Filipina

Makanan :

Spesies ini cenderung predator yang memangsa ikan, udang dan hewan akuatik lain yang berukuran kecil

Tingkah Laku:

Ikan ini lebih menyukai bagian dasaran dan berkamuflase di dasaran yang gelap dan menanti mangsa lewat. Kunci keberhasilan spesies ini menangkap mangsa dikarenakan rahang dan gigi yang kuat yang dapat dengan seketika mengoyak daging dari mangsanya.


Faktor Lingkungan : 



Ketahanan Hidup :

Lebih dari 8 tahun


Reference :
  • Kottelat, 1993,  Freshwater Fish of Western Indonesia and Sulawesi
  • Fishbase.org
  • Based on Personal Research of Author

artikel penangkapan pertama spesies ini dapat dikunjungi pada situs ini


 Article sponsored by :


jangan lupa di like ya 😊


ENGLISH VERSION BELOW








Gymnothorax tile  ( The Indian mud moray), (HAMILTON, 1822)






Classification :


Class: Anguiliformes (class Moray and Eels)

Family: Muraenidae

Genus: Echidna



Description:


This Moray species has a gray base color (purple inclined) with white on the belly. there are white patches in small amounts spread in the lateral part of the body. Ventral dorsal and anal fins dark gray color and structure was slippery and chewy. Like most members moray eels, this species has an elongated rounded body with body texture was very slippery and chewy. Pupils are black with white iris. Anal and caudal fins become into one layer. On the neck are approaching head there is pattern who transverse horizontal starting from pectoral fins to head. This species is quite aggressive to all enemies that threaten. This species has no barbel, there are Very small scales, the initial first dorsal fin is located far from the gill slits. anal located near the middle of the body. have teeth that are shaped like grains or molars. Cleft of mouth 3.8 - 4.2 times in head length, head 3 times or less in body , brown to black with many small dark spots of uneven size on anterior part of body, disappering with age (Kottelat, 1993)

Identification Key:


  • Elongated rounded body
  • Body type Rounded
  • Mouth-type terminal
  • Tail type Pointed 


Fin Formula: 

none

Sex :
unpredictable from morphology



Habitat :

This species is brackishwater fish species that inhabit the estuary and tend more to the fresh water, mud substrate, this species usually prefers benthic part.

Distribution:
  
Sumatera , Borneo and the Philippines

Food :

These species tend to be predators that prey on fish, shrimp and other aquatic animals are small

Behaviour :

These fish prefer part benthic and camouflaged then waiting for prey passing. The key to success is to catch prey species due to the strong jaws and teeth that can instantly rip the flesh from their prey.

Enviromental Factor:



Life Span :

8 years up

Reference :

Kottelat, 1993, Freshwater Fish of Western Indonesia and Sulawesi
Fishbase.org
Based on Personal Research of Author

article first catch for this species can be visited on this site

Article sponsored by :

dont forget to like ya 😊



Share on Google Plus

About Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net