Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

Media Pembelajaran dan Pengenalan Ikan Asli Indonesia

Rasbora trilineata (Steindachner,1870) – Scissor Rasbora


  

Rasbora trilineata  (Steindachner,1870) – Scissor Rasbora



Status IUCN : Not Evaluated


Klasifikasi :


Kelas   : Cypriniformes (Kelas Ikan Carp)

Famili  : Cyprinidae

Genus : Rasbora



Deskripsi :

Secara Etimologi genus Rasbora berasal dari Bahasa India  untuk hewan ikan. Spesies ini memiliki ciri fisik memiliki bentuk seperti streamline dan bentuk kepala hampir segitiga. Tubuh memiliki warna dasar transparan dengan bagian isi dalam perut terlihat jelas . Tubuh cenderung lembut. Sirip dorsal, ventral dan anal berwarna transparan dengan tulang sirip berwarna putih dan pada sirip caudal terdapat loreng hitam kuning. Bersama dengan sirip caudal dan sirip pectoral merupakan mobilitas utama pergerakan ikan ini. Spesies ini memiliki warna cenderung mirip dengan habitatnya yaitu keemasan yang bertujuan untuk berbaur dengan habitatnya dan berkamuflase diantara kerikil di tepi perairan. Mulut dapat disembulkan. 

Terdapat garis pendek hitam di setiap sisi dari sirip anal, garis di kedua sisi sirip caudal disepanjang bagian tepi bagian caudal. 13 sisik predorsal. 

Ciri Identifikasi:


•                     Tubuh berbentuk streamline

•                     Tipe keeled

•                     Tipe mulut terminal

•                     Tipe ekor forked



Rumus Sirip :


None


Size maksimal :

 13 cm


Jenis Kelamin :


Sulit dibedakan kecuali ketika dilakukan pembedahan.


Habitat:

Rasbora ini merupakan spesies ikan air tawar yang memiliki habitat di danau air hitam    (blackwater) dengan subhabitat tepi danau atau sungai air hitam dengan substrat pasir dan kerikil. Biasanya spesies ini lebih menyukai bermain di lokasi yang kedalamannya rendah. Spesies ini hidup di kolom dan tepi sungai dan cenderung Pelagic.


Distribusi :

Mekong, Chao phraya,Sumatera, Borneo , Malay Peninsula


Makanan :

Spesies ini merupakan  omnivora mulai dari daphnia, artemia. krustasea, cacing, insekta hingga potongan tanaman


Tingkah Laku:

Ikan ini senang hidup di tepi perairan. Hidup bergerombol (schooling fish) ,  gerakan gesit dan sangat sering menghindar ketika di dekat manusia. Tidak aktif di malam hari dan cenderung mudah ditangkap.


Ketahanan Hidup:

Lebih dari 1 tahun


Faktor Lingkungan : 


Suhu : 23 – 25 C

pH : 6.0 – 8.0

Hardness : 5 – 12 H


Tankmate :


Di habitat alaminya species ini coexist dengan beberapa spesies diantaranya  T.gracile, T. pauciperforatum, B. dorsiocellata.


Share on Google Plus

About Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net