Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

Media Pembelajaran dan Pengenalan Ikan Asli Indonesia

Dasyatidae (Stingray)

Dasyatidae ( Sting Ray)


Famili ini merupakan ikan pari berekor panjang yang umum terdapat di lautan tropis yang dangkal. Beberapa jenis seperti Himantura signifer hanya hidup di air tawar. Bentuk Badannya bersegi atau melingkar dengan ekor berbentuk seperti cambuk, tanpa sirip punggung atau sirip ekor; ekor kadang kadang memiliki lipatan kulit di bagian punggung atau perutnya. Pada bagian belakang ekor terdapat 1-5 duri bergerigi dengan jaringan kelenjar racun pada bagian bawahnya. Ikan - ikan ini harus diperlakukan dengan sangat hati-hati karena bagian belakangnya (ekornya) dapat dilekukkan dan durinya dapat melukai tangan yang memegang bagian depannya. Luka - luka yang disebabkan oleh hewan ini sangat nyeri dan dapat bersifat mematikan. Ikan pari memakan udang dan kerang.

Genus dari Famili ini yang ditemukan di Indonesia :
  1. Himantura
  2. Hypolopohus


Kunci Identifikasi tingkat Genus:
1.a.Terdapat lipatan kulit di bawah ekor tetapi tidak mencapai ujungnya ; pangkal ekor lebar .......... Hypolophus
1.b. Tidak terdapat lipatan kulit di bawah ekor ; pangkal ekor sempit ............................................ Himantura

Reference :
Kottelat, M., A. J. Whitten, S. N. Kartikasari & S. Wiroatmodjo. 1993. Freshwater  Fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Edisi Dwi Bahasa Inggris Indonesia. Periplus Edition (HK) Ltd. Bekerjasama dengan Kantor Menteri KLH, Jakarta.
Share on Google Plus

About Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net