Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

Media Pembelajaran dan Pengenalan Ikan Asli Indonesia

Mystus castaneus ( Marcel Catfish) Ng, 2002


Mystus castaneus ( Marcel Catfish) Ng, 2002


Klasifikasi :

Kelas  : Actynopterygii
Famili : Bagridae
Genus : Mystus

Deskripsi :


Spesies catfish ini berukuran sedang dan tidak bisa tumbuh untuk ukuran yang besar. Memiliki warna tubuh keabu-abuan dengan sedikit sebaran warna keputihan di bagian lateral. Terdapat titik (dot) hitam besar di bagian pangkal ekor, semua sirip berwarna keabu-abuan . Sungut memiliki panjang hampir sebanding dengan panjang total tubuh. Adipose fin terletak sejajar awal sirip dorsal hingga ujung sirip anal. 
Sungut berjumlah 3 pasang yang terletak 1 pasang di rahang atas dan 2 pasang di rahang bawah. Sungut di rahang atas jauh lebih panjang di bandingkan sungut yang terletak di rahang bawah. Warna sungut berwarna abu-abu tua namun terdapat 1 pasang di rahang bawah yang berwarna putih.

Ciri Identifikasi :


  • Tubuh lonjong memanjang dengan ujung makin menyempit
  • Tipe tubuh keeled
  • Tipe mulut terminal
  • Tipe ekor forked

Rumus Sirip : 


Dorsal 1(Pertama) I.8 bercabang ,  D 2 (Kedua) Adipose fin, Caudal  II.14 , Anal  I.7 , Ventral I. 5

Habitat :


Spesies  yang satu ini merupakan spesies ikan air tawar yang memiliki habitat di air hitam (Blackwater) yang berkadar tanin tinggi dengan substrat pasir, lumpur dan kerikil. Biasanya spesies ini lebih menyukai bagian hulu sungai yang berwarna lebih cerah dan terkena sinar matahari dengan tipe sungai berarus lambat.

Distribusi :

Kalimantan dan Sumatera

Makanan :


Ikan kecil dan crustacea 

Tingkah Laku :


Ikan ini lebih menyukai bermain di dasar perairan (Demersal Fish) dan hidup secara berkelompok namun dapat  juga hidup soliter. Selain itu spesies ini tidak seperti catfish lainnya yaitu aktif di siang hari dan aktif bergerak.


Reference :


  • Kottelat, 1993,  Freshwater Fish of Western Indonesia and Sulawesi
  • www.iucnredlist.org
  • Based on Personal Research of Author







Share on Google Plus

About Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net