Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

Media Pembelajaran dan Pengenalan Ikan Asli Indonesia

Butis butis a.k.a Crazy Fish (Hamilton, 1822)


Butis butis a.k.a Crazy Fish (Hamilton, 1822

Klasifikasi :


Kelas   : Perciformes
Famili  : Eleotridae
Genus  : Butis

Deskripsi :

Spesies ini memiliki ciri fisik memiliki sisik sisik yang kecil dengan warna hitam pucat lebar memanjang secara lateral dari moncong yang menjadi jalur hitam yang cukup lebar hingga ekor di Sisi linea lateralis berwarna putih dengan blok blok cokelat pudar melintang teratur dari bagian operculum hingga batang ekor. Bagian dibelakang operculum terdapat bercak ungu.
Bagian perut berwarna kekuningan.

Sirip dorsal, caudal dan anal berwarna biru transparan dengan semburat biru terang pada dasar sirip dan pada tepian ujung sirip. Tulang sirip berwarna kekuningan dan sangat tebal pada sirip dorsal pertama.  Selain itu pada sirip ventral terdapat keunikan yaitu rumbai tulang sirip yang berjumlah 6 yang diperkirakan berfungsi untuk melekat kan diri ke berbagai tempat dan tampak bergerigi. Tidak terdapat  sungut (barbel).

Pupil mata berwarna hitam dengan iris berwarna keemasan.



Ciri Identifikasi:
  • Tubuh membulatdan streamline
  • Tipe tubuh keeled
  • Tipe mulut superior
  • Tipe ekor truncate


Rumus Sirip :

 Dorsal satu   I.4. Dorsal dua I.9, C 19 , A 1.9,  P I. 17, V I.4

Habitat:

Spesies ini ditemukan di hilir sungai dan dekat dengan muara. Substrat lumpur. Tipe sungai merupakan sungai besar dan lebar. Mikro Habitatnya berada di tepian sungai dan merupakan perenang yang lambat.

Distribusi :

Afrika, Australia dan Indonesia 

Makanan : 

Spesies ini merupakan karnivora yang dapat memakan ikan kecil, cacing, crustacea kecil dan sisa sisa bahan organik lainnya

Tingkah Laku:

Ikan ini memiliki tingkah laku yang aneh yaitu dapat berakrobat hingga 360 derajat sehingga dapat dalam posisi terbalik dalam waktu lama. Ikan ini hidup di bawah permukaan air dan terkadang menempel pada objek tertentu.

Reference :

  • Kottelat, 1993,  Freshwater Fish of Western Indonesia and Sulawesi
  • www.seriouslyfish.com
  • fishbase.org
  • Based on Personal Research of Author

Share on Google Plus

About Freshwater Fish of Indonesia (Ikan Air Tawar Indonesia)

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net